Pemko Batam Sambut Wisman Pertama Tahun 2020

Disbudpar Batam– Pemerintah Kota (Pemko) Batam melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam menyambut wisawatawan mancanegara (wisman) pertama yang tiba di Tahun 2020. Kegiatan ini rutin dilakukan sebagai tanda sukacita menyambut wisman tersebut.

Dannis dan Yasmin, turis yang pertama menginjakkan kaki di Kota Batam berasal dari Filipina ini datang melalui Pelabuhan Sekupang Ferry Terminal. Ferry Majestic yang membawa turis tersebut merapat pada pukul 07.00 WIB yang merupakan jadwal pelayaran pertama dari Singapura ke Batam.

Keluar dari ferry keduanya langsung disambut tabuhan kompang dan silat Melayu. Selanjutnya keduanya disambut Sekretaris D arerah (Sekda) Kota Batam, Jefridin didampingi Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Kadis. Kominfo serta stakeholder seperti Bea dan cukai, Imigrasi, CiQP, Kepolisian, Badan Promosi Pariwisata Daerah dan sebagainya.

Selanjutnya Sekdako, Jefridin menterahkan tanjak dan mengalungkan bunga kepada wisman laki-laki serta memberikan bunga tangan kepada wisman perempuan sebagai tanda penyambutan kedua wisman tersebut. Selesai dari CIQP keduanya mendapat pelayanan istimewa diterima di ruang VIP Pelabuhan sebelum dilepas keluar dari pelabuhan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Ardiwinata mengatakan kegiatan menyambut wisman pertama di tahun 2020 ini rutin dilakukan setiap tahunnya. Di tahun 2020 ini sedikit berbeda pada tahun sebelumnya yakni adanya atraksi silat.

“Ada sedikit unik tahun ini yakni disambut silat, merupakan salah satu prodak Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah Batam yang sudah kita daftarkan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Silat ini untuk menyambut tamu,” katanya.

Ia menyebutkan 136 kegiatan pariwisata tahun 2020 ini lebih berwarna. Seperti kegiatan kuliner, olahraga, budaya, dan sebagainya. Di tahun ini juga Pemko Batam mempunyai kegiatan baru yang berskala internasional.

“Tahun ini juga kita mempunyai event yang renewal yaitu Batam Tourism International Marching Championship, ini event yang luar biasa. Sebelumnya kita perna kompetisi marching band di Kota Batam namun yang ini (Batam Tourism International Marching Championship) luar biasa dan berskala internasional. Setiap tahun akan lanjutkan,” terangnya.

Tak lupa, ia juga mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Pariwisata dan Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menjadi Kenduri Seni Melayu (KSM) ke-22 tahun sebagai 100 kalender pariwisata Indonesia.

Ia menegaskan Pemko Batam terus mempercantik untuk mendukung kunjungan wisatawan. Yakni aksebilitas berupa pembangunan jalan yang tengah dibangun oleh Wali Kota Batam, Muhamad Rudi. Sehingga wisman merasa nyaman dan lebih banyak mengunjungi destinasi wisata.

“Kalau yang dulu mungkin hanya dua tempat, sekarang bisa empat dan lima karena tidak terbentur dalam hal akses,” ujarnya.

Kemudian amenitas juga berperan penting meningkatkan kunjungan. Ia berterima kasih kepada stakeholder membuat batam tercukupi di bidang kesehatan rumah sakit, di bidang transportasi, akomodasi, terminal.

Terakhir aktraksi, menurutnya wisman mempunyai banyak pilihan berdestinasi di Kota Batam, dianataranya wisata belanja, kuliner, spa. “Yang luar biasa adalah Mice (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition) saya sudah menghadiri beberapa kali prodak kecantikan kesehatan meetingnya di batam, tetapi daya tariknya mereka (wisman) jalan-jalan, spa,” ucapnya.

Sejalan dengan penyambutan wisman pertama, Pemko juga meresmikan Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kota Batam yang dihadiri oleh stakeholder. Sekda Kota, Jefridin menyempatkan meninjau kantor BPPD yang berlokasi di Pelabuhan Sekupang Ferry Terminal.